Sabtu, 13 April 2013

Siswa & Siswi SMPN 8 Makassar Jago Dua Bahasa


SIAPA sih orang Makassar yang tidak mengenal SMP Negeri 8 Makassar. Pasti tak ada yang tidak kenal. SMP yang terletak di Jl Batua Raya populer karena siswa-siswanya banyak mengukir prestasi.

Ada yang berprestasi dalam bidang akademik alias mata pelajaran, olahraga, dan seni. Pokoknya pemenang seluruh lomba tingkat nasional dan provinsi.
Pak Hikmah Manganni, Kepala SMP Negeri 8, mengatakan, siswa paling sering menjuarai lomba bahasa Inggris. "Siswa sering juara bahasa Inggris. Lomba yang diikuti tidak sembarang lomba. Kelas provinsi dan nasional," kata Pak Hikmah bangga.
Pak Hikmah, masih dengan bangga mengatakan, jika mengikuti lomba kelasnya rendahan maka citra sebagai sekolah unggulan akan pudar.
Wah, hebat dong kepala sekolah kita kalau begini. Tapi perlu diingat, sebagai siswa sekolah unggulan anak-anak SMP 8 tidak boleh sombong. Kalian harus bangga kepada bapak dan ibu guru yang tak henti-hentinya memberi ilmunya kepada kita. Terima kasih bapak dan ibu guru.


Ibu dan bapak guru juga hebat karena bisa mengajar di kelas bilingual (dua bahasa). Saat ini SMP 8 menjalankan program kelas bilingual.
"Maksudnya dalam proses belajar dan mengajar siswa dan guru menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sementara bahasa Indonesia hanya sedikit digunakan," Papar Pak Hikmah yang juga jago bahasa Inggris. Kelas bilingual sudah dijalankan sejak tahun lalu.
"Semua siswa di sini kita usahakan untuk mamp mengikuti program kelas bilingual," tuturnya.
Wah, kalau begitu semua siswa nonkelas bilingual harus pintar English. Saat ini SMP 8 juga menjadi sekolah RSBI atau rintisan sekolah berstandar internasional.
Nantinya sekolah ini akan sejajar dengan sekolah top di luar negeri, kayak di Amerika Serikat, Ausralia, Singapura, dan berbagai negara lainnya. So, semua alumnus alias lulusan SMP 8 akan bangga.(cr1)

Budaya Senyum dan Sapa
DALAM hal budaya, SMP 8 sangat menekankan budaya Indonesia. Budaya Indonesia yang dimaksud teman, budaya sapa, senyum, dan ramah.
Setiap pagi saat jam masuk sekolah sebelum mata pelajaran dimulai siswa dan guru akan memberi sapa dan senyum, juga bersikap ramah. Jadi kayak kita mau masuk hotel dong.
Kandati bukan sekolah berbasis Islam SMP 8 sangat ketat dalam menanamkan nilai-nilai agama. Setiap waktu salat siswa akan diarahkan untuk salat. Bagi teman yang beragam lain jangan khawatir, dipersilakan juga untuk berdoa.
"Sekolah ini bernuansa Islam tapi toleran ke agama lain," kata Pak Hikmah.(cr1)

Sekolah e-learning
TEMAN, SMP 8 Makassar dalam proses belajar dan mengajarnya menerapkan metode berbeda loh dengan sekolah lain. e-learning adalah metode baru di SMP ternama ini.
Kenapa sih menggunakan e-learning segala. Pak Kepala Sekolah menjelaskan bahwa saat ini kita berada dalam era teknologi komunikasi canggih. Kita harus memanfaatkan kemajuan tersebut untuk hal positif.
e-learning di SMP 8 untuk sementara melalui e-mail atau elektornik mail. Siswa dan guru dapat menyetor dan memeriksa tugas melalui fasilitas canggih tersebut. Jadi tidak boros kertas lagi.
Di sekolah ini siswa juga diberikan kebebasan untuk menggunakan dan membawa laptop, telepon seluler berkamera, atau gadget lainnya.
Alasannya supaya siswa jadi melek dan khusus ponsel berkamera dapat merekam berbagai kejadian yang perlu diketahui oleh orang banyak.(cr1)

OSIS
ORGANISASI terbesar bagi siswa ini baru pekan lalu terbentuk. Jumlah pengurus barunya 36 orang. Kenalkan nama Ketua OSIS yang baru La Ode Muh Syawal.
Pengurus OSIS SMP 8 terkenal dermawan dan berjiwa sosial. Buktinya beberapa kali memberi bantuan kepada korban bencana dan melakukan safari atau anjangsana ke panti asuhan setiap Ramadan.

Pramuka
Pramuka SMP 8 terkenal sangat aktif. Beberapa waktu lalu mengadakan lomba Pramuka di sekolah. Berbagai presatasi lomba diraih dan mendapat pengakuan dari pramuka sekolah lain.
Saat ini Pramuka SMP 8 beranggotakan 30 orang. Organisasi ini mengenal dwi kepemimpinan. Olehnya itu pramuka diketuai Reno Saputra (pramuka laki-laki) dan Surya Ramda (pramuka perempuan.

PMR
Palang Merah Remaja SMP 8 pernah menjuarai lomba P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan. Memberi bantuan dan menolong orang sakit adalah tugas organisasi ini.
Saat ini PMR beranggotakan sepuluh orang. Arnanda adalah ketuanya. Kalau ada teman yang sakit laporkanlah kepada PMR.

UKS
UKS atau usaha kesehatan sekolah tugasnya hampir sama dengan PMR. Terus bedanya? Kalau PMR memberi pertolongan sementara UKS mengobati. UKS SMP 8 diketuai oleh Fitra Aryani dan beranggotakan delapan orang. Sungguh mulia tugas mereka.

Basket
Setiap Rabu dan Sabtu Basket SMP 8 selalu mengadakan latihan. Tujuannya tak lain menjaga kualitas permainan. Basket sekolah ini terkenal karena prestasinya. Pemainnya sejumlah 12 orang.

Cheersleaders
Kalau mau cerita bagaimana menyemarakkan acara, tanyalah ke cheersleaders. Ketuanya bernama Andi Indah Riani. Indah dan kawan satu grup seringkali tampil di berbagai event nasional.
Beberapa kali nama sekolah diharumkan dengan menjadi juara. Semua anggota cheersleaders terkenal dengan prestasinya di kelas.(cr1)

1 komentar: